Kemampuan representasi matematis
harus dimiliki oleh setiap siswa dalam mempelajari matematika dan menjadikannya
sebagai dasar dalam menyelesaikan masalah matematika karena kemampuan ini dapat
melatih seseorang untuk mengambil cara yang cepat dalam menyelesaikan masalah
yang dihadapinya. Penggunaan representasi yang baik akan mampu mengaitkan
informasi yang dipelajari dengan informasi yang telah dimiliki siswa. Menurut
Sabirin, kemampuan representasi matematis adalah bentuk interpretasi
pemikiran siswa terhadap suatu masalah, yang digunakan sebagai alat bantu untuk
menemukan solusi dari masalah tersebut. Bentuk interpretasi siswa dapat berupa
kata-kata atau verbal, tulisan, gambar, tabel, grafik, benda konkrit, simbol
matematika dan lain-lain. Menurut Hutagaol, representasi matematis
yang dimunculkan oleh siswa merupakan ungkapan dari gagasan-gagasan atau ide
matematika yang ditampilkan siswa dalam upayanya untuk memahami suatu konsep
matematika ataupun upayanya untuk mencari solusi dari masalah yang sedang
dihadapinya.
Kemampuan representasi matematis siswa dapat diukur melalui beberapa
indikator kemampuan representasi matematis. Menurut Suryana mengemukakan empat
indikator kemampuan representasi matematis seperti berikut:
Berdasarkan beberapa pendapat para ahli tersebut, kemampuan representasi
matematis merupakan salah satu kemampuan siswa untuk mengomunikasikan ide atau
gagasan matematis. Bentuk representasi dapat berupa kata-kata atau verbal, tulisan,
gambar, tabel, grafik, benda konkrit, simbol matematika dan lain-lain dan dapat
membantu siswa mengungkapkan ide-ide atau gagasan matematis dari yang sifatnya
abstrak menuju konkret ke dalam model matematika/bentuk representasi matematis
lainnya untuk mendapatkan solusi dari suatu permasalahan matematika.
Dalam penelitian ini, indikator kemampuan representasi matematis yang
digunakan adalah sebagai berikut.
1. Menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi ke
representasi diagram, tabel atau grafik.
2. Membuat persamaan atau ekspresi matematis dari representasi lain yang
diberikan
3. Menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis.
4. Menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis.
ADS HERE !!!