Pengertian Organisasi
Organisasi menurut Robbins adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. dikoordinasikan secara sadar mengandung pengertian manajemen. Kesatuan sosial berarti bahwa unit itu terdiri dari orang atau kelompok orang yang berinteraksi satu sama lain. Pola interaksi yang diikuti orang di dalam sebuah organisasi tidak begitu saja timbul melainkan telah dipikarkan terlebih dahulu. Karena organisasi merupakan kesatuan sosial, pola interaksi para anggotanya harus diseimbangkan dan diselaraskan untuk tidak hanya sekadar meminimalkan kelebihan (redundancy), namun juga memastikan bahwa tugas- tugas yang kritis telah diselesaikan.
Organisasi menurut Griffin dan Morhead adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan organisasi.
Sedangkan Wexley dan Yulk mendefinisikan bahwa organisasi adalah pola hubungan antar manusia yang diikutsertakan dalam aktivitas yang membuat satu sama lain saling tergantung untuk suatu tujuan
tertentu.
Hutton menyatakan bahwa apabila kita ingin mempelajari organisasi–organisasi khususnya teori organisasi maka kita perlu mempelajari strukturnya, prosesnya dan perilaku organisasi. Aspek – aspek tersebut dapat dijelaskan pada tabel dibawah ini;
Berdasarkan definisi–definisi diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan wadah dari pola hubungan kerjasama antar individu dengan individu lainnya dan di dalam organisasi tersebut terdapat struktur, proses dan perilaku organisasi dengan adanya pembagian tugas atau wewenang yang jelas dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Karakteristik Organisasi
Nicholas Henri dalam Ambar Teguh menyebutkan karakteristik organisasi yaitu :
a) Are purposeful, complex human collectivities (memiliki maksud tertentu, dan merupakan kumpulan dari berbagai macam manusia).
b) Are characterized by secondary (or impersonal) relationship (memiliki hubungan sekunder)
c) Have specialized and limited goal (memiliki tujuan khusus dan terbatas)
d) Are characterized by sustained cooperative activity (memiliki kerjasama pendukung)
e) Are integrated within a larger social system (terintegrasi dalam sistem sosial yang lebih luas).
f) Provide services and products to their environment (menghasilkan barang dan jasa untuk lingkungannya).
g) Are dependent upon exchanges with their environment (sangat terpengaruh atas setiap perubahan lingkungan).
Menurut Muhammad organisasi mempunyai karakteristik organisasi yang umum diantaranya adalah sebagai berikut:
a) Dinamis, disebabkan karena adanya perubahan ekonomi, kondisi, sosial dan teknologi.
b) Memerlukan informasi, dan melalui proses komunikasi.
c) Mempunyai maksud dan tujuan tertentu, dan
d) Testruktur, organisasi dalam usaha mencapai tujuan biasanya membuat aturan-aturan, undang-undang dan hierarki hubungan dalam organisasi
Adapun Gerloff menyatakan karakteristik utama organisasi dapat diringkas sebagai 3-P, yakni: Purposes, People, dan Plan. Sesuatu disebut organisasi bila memiliki;
a) tujuan (purposes);
b) terdiri beberapa anggota (people), dan
c) rencana (plan) untuk mencapai tujuan. Dalam aspek ”rencana” terkandung maksud semua hal (seperti sistem , struktur, desain, strategi, dan proses) yang dirancang untuk menggerakkan unsur manusia dalam mencapai tujuan.
ADS HERE !!!