Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan suatu proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitanya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran bersangkut paut dengan kebutuhan hidup sehari-hari kebanyakan orang. Melalui proses tersebut, suatu produk atau jasa bisa diciptakan, dikembangkan, dan didistribusikan kepada masyarakat luas. Dengan demikian pemasaran merupakan suatu proses yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu produk.Kotler mengemukakan bahwa Pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial, baik oleh individu atau kelompok, untuk
mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan (Creation), penawaran, dan pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain.
Inti dari pernyataan ini menunjukkan bahwa pemasaran merupakan kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan pihak yang berkepentinagn, melalui pertukaran yang mampu memberikan kepuasan kepada semua pihak, terutama konsumen sebagai pemakai dari barang atau jasa yang ditawarkan.
American Marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan rencana penetapan harga, promosi, dan distribusi dari ide-ide, barang-barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individual dan organisasional.
Berdasarkan definisi-definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan pihak yang berkepentingan, melalui pertukaran yang mampu memberikan kepuasan kepada semua pihak, terutama konsumen sebagai pemakai dari barang atau jasa yang ditawarkan.
|
Tujuan Pemasaran |
Tujuan Pemasaran
Kegiatan pemasaran yang dilakukan suatu lembaga keuangan memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam jangka pendek biasanya untuk merebut konsumen terutama untuk produk yang baru diluncurkan. Sedangkan dalam jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan produk-produk yang sudah ada agar tetap eksis. Begitu pula dengan pemasaran suatu lembaga merupakan usaha untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan dan dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dalam bentuk produk simpanan (giro, tabungan dan diposito), pinjaman (kredit), dan jasa-jasa lainnya.
Secara umum tujuan pemasaran sebuah lembaga keuangan adalah untuk:
a) Memaksimumkan konsumsi atau dengan kata lain memudahkan dan merangsang konsumsi, sehingga dapat menarik nasabah untuk membeli produk yang ditawarkan bank secara berulang-ulang.
b) Memaksimumkan kepuasan konsumen melalui berbagai pelayanan yang diinginkan nasabah.
c) Memaksimumkan pilihan dalam arti lembaga menyediakan berbagai jenis produk bank sehingga nasabah memiliki beragam pilihan pula.
d) Memaksimumkan mutu hidup dengan memberikan berbagai kemudahan kepada nasabah dan menciptakan iklim yang efisien.
ADS HERE !!!