Kata periklanan berasal dari bahasa latin yaitu advertere yang berarti mengalihkan pikiran. Otto Klepper merupakan seorang ahli periklanan yang berjasa besar dalam meruntut asal mula istilah Advertising.Dalam bukunya yang berjudul Ardvertising Procedure menjelaskan bahwa Ardvertising berasal dari bahasa latin yaitu ad-vere yang berarti mengoper pikiran dan gagasan kepada pihak lain.
Istilah iklan juga sering dinamai dengan sebutan yang berbeda-beda. Contohnya di Amerika sebagaimana halnya di Inggris, disebut advertising. Sementara di Perancis disebut dengan reclame yang berarti meneriakkan sesuatu secara berulang-ulang. Periklanan berperan sangat banyak dan di kemas secara menarik untuk mempengaruhi maupun menarik seseorang untuk membeli/memanfaatkan suatu produk barang/jasa untuk mendukung sebuah maksud tertentu. Sebagian peran periklanan adalah untuk memasarkan barang dan jasa.
Yang dimaksud iklan disini adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran dari produsen ke konsumen tertentu melalui media komunikasi massa, misalnya televisi, radio, majalah, surat kabar, film, internet, peragaan di luar gedung (super market) dan lain sebagainya.
Dari beberapa definisi iklan diatas maka dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan alat komunikasi antara produsen kepada konsumen yang bertujuan untuk menawarkan produk-produk dan mempunyai kekuatan untuk menjual.
Disamping itu, iklan juga merupakan sarana informasi tentang barang dan jasa, gagasan atau paham yang cukup efektif, sehingga memudahkan konsumen untuk menentukan pilihan.
ADS HERE !!!